Entri Populer

Jumat, 09 September 2011

Drama Korea Jewel In The Palace>Dae Jang Geum

Edited By:RATNA EMILIA SUSILO(HUI SIAN)

Jumat, 01 Oktober 2010

sinopsis jewel in the palace

Berdasarkan figur sejarah pada Dinasti Chosun, serial ini berfokus pada perjuangan Jang Geum (diperankan oleh Lee Young Ae) untuk menjadi dayang utama istana kerajaan namun akhirnya menjadi tabib istana wanita pertama di Korea.

Serial ini dibuat berdasarkan sejarah Korea pada Dinasti Joseon, selama pemerintahan Raja Seongjong, Yeongsangun (1494-1506) dan Raja Jungjong (1506-1544). Cerita berawal saat ibu dari Yeongsangun muda diracun oleh sekelompok prajurit kerajaan dibawah perintah raja yang tidak lain adalah suaminya sendiri.

Setelah kejadian tersebut Seo Chun Soo, seorang prajurit istana, merasa sangat bersalah karena ikut terlibat dalam konspirasi pembunuhan tersebut. Ia mengalami kecelakaan dalam suatu perjalanan dan diselamatkan oleh seorang biksu. Anehnya, biksu tersebut mengatakan bahwa hidup Seo Chun Soo akan dipengaruhi oleh tiga wanita: Chun Soo akan menyebabkan kematian wanita pertama; menyelamatkan hidup wanita kedua namun menjadi penyebab kematian wanita tersebut; dan kehilangan nyawanya akibat wanita ketiga, namun wanita ini akan menyelamatkan hidup banyak orang. Pada akhirnya menjadi jelas bahwa ketiga wanita tersebut adalah ibu dari Yeongsangun, seorang mantan dayang istana yang kelak menjadi istrinya dan ibu Jang Geum, dan wanita ketiga adadalah Jang Geum sendiri.

Seo Chun Soo akhirnya mengundurkan diri sebagai prajurit iri. Kecelakaan tersebut membuat Chun Soo mengundurkan diri sebagai prajurit. Pada saat bersamaan, Dayang Park, seorang dayang istana dapur kerajaan, menjadi saksi konspirasi melawan ibu suri oleh Dayang Choi. Hal ini membuatnya difitnah dan harus menjalani hukuman rahasia sesuai peraturan dayang istana. Dayang Park diselamatkan oleh sahabatnya Dayang Han, dan kemudian diselamatkan oleh Seo Chun Soo. Kedua orang tersebut kemudian tinggal di desa tersembunyi, berpura-pura sebagai orang kelas bawah. Mereka berdua menikah dan memiliki ana perempuan yang sangat cerdas yaitu Seo Jang Geum.

Pada tahun 1954, Yeongsangun memerintahkan penyelidikan terhadap pembunuhan ibunya, dan menemukan bahwa Seo dan keluarganya ikut terlibat. Karena tanpa sengaja Jang Geum cilik menyebutkan bahwa sebenarnya ayahnya mantan prajurit istana, identitas mereka diketahui. Seo ditangkap dan kemungkinan besar dieksekusi. Jang Geum dan ibunya melarikan diri, namun ibu Jang Geum menderita luka yang cukup parah (belakangan diketahui bahwa yang melukainya adalah orang suruhan keluarga Choi). Sebelum meninggal ibunya menyampaikan permintaan terakhir, yaitu agar Jang Geum menjadi dayang utama dapur kerajaan dan mencatat penyebab kematiannya pada jurnal rahasia dayang utama.

Melalui berbagai perjuangan Jang Geum akhirnya bisa masuk ke dapur istana kerajaan. Karena semangat, keingintahuan, bakat, kebaikan, dan kerja kerasnya, Jang Geum akhirnya menjadi asisten Dayang Han. Selama tinggal di istana, Jang Geum banyak mendapat gangguan dari orang-orang yang iri akan bakatnya. Namun Jang Geum tidak menjadi patah semangat dan tetap memasak dengan prinsip bahwa apapun yang terjadi, tujuan memasak adalah untuk membawa kesehatan dan kebahagiaan bagi orang yang memakan masakannya. Sialnya, akibat konspirasi Dayang Choi dan keponakannya Geum Young, serta pejabat pemerintahan dan pedagang yang ingin memonopoli pasar menyebabkan Dayang Han dan Jang Geum diusir dari istana dan diasingkan ke Pulau Jeju. Dayang Han meninggal dunia dalam perjalanan ke pulau tersebut karena kesehatannya memburuk. Di Pulau Jeju, Jang Geum berteman dengan seorang tabib wanita yang mengajari Jang Geum mengenai kesehatan. Jang Geum akhirnya kembali ke Istana Joseon, kali ini sebagai calon tabib. Ia lulus dengan nilai tertinggi di kelasnya, meskipun pelajarannya sangat sulit dan ia dianggap sebelah mata karena ia seorang wanita. Jang Geum diterima sebagai staf di rumah sakit kerajaan.

Setelah berbagai permainan politik, orang-orang yang mencoba menyakiti Jang Geum akhirnya mendapat konsekuensi dari konspirasi kejinya. Jang Geum menjelaskan duduk permasalahan sebenarnya dan membersihkan nama baik ibunya dan Dayang Han. Jang Geum terus mempelajari bidang pengobatan, dan akhirnya mengobati permaisuri, ibu suri, dan putra mahkota yang jatuh sakit. Akhirnya ia dapat diterima oleh pejabat dan dokter istana yang awalnya tidak mengakuinya karena ia wanita.

Dengan dukungan bangsawan Min Jung Ho dan sahabat-sahabatnya termasuk Yon Saeng yang telah menjadi selir Raja, Jang Geum menjadi tabib istana wanita pertama di Korea dan diberi gelar Dae Jang Geum dan posisi tingkat ketiga di istana.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar